Kilas Balik Industri Keuangan Syariah Selama 2021

Kilas Balik Industri Keuangan Syariah Selama 2021

Muamalatku.com - Selama di tahun 2021 banyak kejadian-kejadian yang tentunya sulit untuk dilupakan. Namun apapun itu, semoga tahun ini bisa menjadi momen belajar untuk menjadi lebih baik di tahun selanjutnya.

Begitupun dengan industri keuangan syariah, beberapa langkah besar juga sudah diambil ditahun 2021 kemaren, semoga di tahun-tahun berikutnya bisa semakin bertumbuh.

Mari kita Kilas Balik Industri Keuangan Syariah Selama 2021 

Terbentuknya Bank Syariah Indonesia

Di awal tahun 2021 tepatnya pada 1 Februari 2021 momen besar hadir di industri keuangan syariah di mana akhirnya 3 bank syariah besar di merger untuk bisa semakin menguatkan ekosistem industri ini.

Terbentuknya Bank Aladin Syariah

Tidak lama berselang berdirinya Bank Syariah Indonesia, ada 1 Bank Syariah baru yang hadir juga di 2021 dengan mengusung digitalisasi yaitu Bank Aladin Syariah. Tentunya ini juga akan semakin mempermudah dalam menjangkau pasar serta semakin memperbanyak opsi masyarakat untuk menggunakan produk serta layanan keuangan syariah.

Aceh Terbebas dari Keuangan Konvensional

Di tahun 2021 juga menjadi tahun pertama dimana ada 1 wilayah di Indonesia yang sekarang sudah benar-benar bersih dari lembaga keuangan konvensional, yaitu Aceh. Semoga ini bisa menginspirasi wilayah lain untuk menerapkan hal yang serupa.

Investasi Syariah

Di pertengahan tahun 2021, informasi yang cukup menggembirakan juga hadir dimana kesadaran untuk berinvestasi syariah sudah mulai tinggi, dibuktikan dengsn data jumlah investor pengguna SOTS per akhir juni 2021 mencapai 100 ribu investor syariah.

Fatwa Haram Cryptocurrency

Karena di tahun 2021 juga menjadi naiknya tren kesadaran masyarakat mengenai cryptocurrency, akhirnya komisi fatwa DSN MUI mengambil sikap dengan menetapkan ijtima' bahwa cryptocurrency haram termasuk jika digunakan sebagai alat tukar.

Bagaimana pendapatmu? Masih kontra? :D

Bank Muamalat di Pegang BPKH

Dan saat mendekati akhir tahun, ada kabar mengejutkan juga dari salah satu pionir keuangan syariah Indonesia, yaitu Bank Muamalat dimana saat ini pengendali utama mereka dialihkan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) setelah sebelumnya dikuasai oleh Islamic Development Bank.

Akankah ada gebrakan khusus? 

Itulah tadi Kilas Balik Industri Keuangan Syariah di 2021 

Bagaimana menurutmu, momen apa yang bikin kamu merasa "wah" ketika membaca kilas balik seputar keuangan syariah di Indonesia selama 2021 ini?


Follow ig: Sharfin.id

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url