Pengertian Muamalat dan Pengambilan Kata Muamalatku pada Blog ini

Pengertian Muamalat dan Pengambilan Kata Muamalatku pada Blog ini

Muamalatku.com - Pengertian Muamalat (المعاملات) dari segi bahasa merupakan jama' dari kata Muamalah (معملة). Sedangkan kata Muamalah sendiri berasal dari kata (عامل - يعامل - معاملة) yang memiliki arti saling bertindak, saling berbuat dan saling mengamalkan.

Sedangkan dari segi istilah Muamalah terbagi lagi menjadi dua bagian, yakni:

  • Muamalah dalam Arti Luas
    Memiliki arti aturan/hukum Allah untuk mengatur manusia dalam kaitannya dengan urusan duniawi dalam pergaulan sosial.

  • Muamalah dalam Arti Khusus
    Memiliki arti atura/hukum Allah yang wajib ditaati yang mengatur hubungan manusia dengan artian cara memperoleh harta dan pemanfaatan atas harta tersebut.

Muamalah dalam Islam

Rasulullah SAW mengatakan sebagaimana yang terdapat dalam buku Buya Hamka "Dakwah Islam", bahwa Agama adalah Muamalah (الدين معاملة) memiliki makna setiap perbuatan dalam hubungan dengan orang lain yang menimbulkan hubungan hak dan kewajiban.

Namun begitu, Islam lebih longgar dengan hukum Muamalah itu sendiri.

Sering kita mendengar atau membaca bahwa dalam kaidah Muamalah pada hukum dasarnya boleh (mubah) hingga ada dalil atau Nash yang mengharamkannya. Namun berbanding terbalik jika itu terkait Ibadah, hukum asalnya adalah haram, kecuali ada perintah atau tuntunan yang menganjurkan perbuatan ibadah tersebut.

Muamalah dalam Islam

Pembahasan dalam Muamalah sendiri memang cukup luas seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, dalam diagram diatas termasuk dalam bidang ekonomi, sosial politik dan lain sebagainya.

Oleh karenanya dalam blog ini kita akan membahas yang berhubungan dengan perihal dunia perekonomian dalam hal ini Ekonomi Islam. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk membahas topik-topik yang sedang hangat di masyarakat.

Pengambilan Kata Muamalatku

Muamalatku sendiri terdiri dari dua kata yakni Muamalat dan Ku (saya). Dikarenakan saya berada dijurusan Ekonomi Islam dan saat ini telah mengambil Magister Sains Ekonomi Islam, maka terbentuklah sebuah blog ini dengan nama Muamalatku sebagai catatan saya terkait perkembangan Literasi Ekonomi Islam.

Namun, jika kita melihat daftar nama dalam pendaftaran domain, nama domain Muamalatku.com sudah terdaftar sejak 2018 oleh suatu komunitas penggiat Ekonomi Islam juga, namun mereka mengubah nama domainnya menjadi Muamala.net

Penutup

Itulah pengertian serta pengambilan kata Muamalatku pada blog ini. Semoga tulisan-tulisan yang ada pada blog ini bermanfaat buat para pembaca sekalian.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url